apa itu ppkm

Apa Itu PPKM? Ini Pengertian dan Tingkatannya

News

Menghadapi virus corona COVID-19 di Indonesia, Presiden Joko Widodo menerapkan kebijakan PPKM untuk membatasi pergerakan masyarakat selama pandemi.Lantas apa itu PPKM?

PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. PPKM ini meliputi pembatasan aktivitas masyarakat selama pandemi yang terdiri dari banyak level dan mungkin berbeda di setiap daerah. 

Terakhir, PPKM Darurat diberlakukan sejak 3-20 Juli 2021. PPKM Darurat ini kemudian diperpanjang dengan menggunakan istilah PPKM Level 4 yang berlaku pada 21-25 Juli 2021.

Kebijakan ini diberlakukan selama dua pekan yang menyasar kabupaten/kota di Jawa dan Bali. Kebijakan PPKM Darurat sendiri diberlakukan untuk memutus penyebaran rantai Covid-19 dan menargetkan adanya penurunan kasus harian di beberapa kota.

Apa itu PPKM Level 4?

Sama halnya dengan PPKM Darurat, PPKM perpanjangan atau PPKM Level 4 juga diberlakukan guna memutus rantai penyebaran virus corona. Apa itu PPKM Level 4? Dikutip dari berbagai sumber, PPKM Level 4 sama artinya dengan PPKM Darurat.

Namun, berdasarkan instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021, disebutkan bahwa PPKM Level 4 diterapkan di daerah dengan level penugasan 3 dan 4 di Jawa-Bali.

Aturan PPKM Level 4

Dalam PPKM Level 4 ini, kegiatan belajar mengajar masih diberlakukan secara online. Begitu juga dengan kegiatan di sektor non-esensial yang wajib memberlakukan work from home (WFH) 100 persen.

Sementara sektor esensial pemerintahan yang memberikan pelayanan publik, diberlakukan 25 persen WFO. Termasuk sektor, keuangan, perbankan, pasar modal, teknologi informasi, perhotelan non karantina, dan industri ekspor dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen. 

Adapun pasar tradisional, toko kelontong, dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari, jam operasional dibatasi hingga pukul 20.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

Dalam PPKM Level 4 ini, semua tempat ibadah dilarang melakukan kegiatan peribadatan dan kegiatan makan atau minum di tempat hanya memberlakukan delivery atau take away.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *