Irwan Prasetia (187 poin)   24 Jul 2015   Presiden   256 dilihat
dilabeli kembali 24 Jul 2015 oleh Alfatihah Reno
Dear Bpk. Presiden RI Ir. H. Joko Widodo,

Singkat kata, pemerintahan sebelumnya sudah mewariskan kebijakan yang patut diapresiasi berupa biaya pendidikan dasar (SD dan SMP) GRATIS tanpa dipungut biaya dan berlaku Nasional.

Masalahnya, di beberapa daerah di Indonesia kebijakan pendidikan dasar GRATIS serupa dengan kebijakan biaya telepon GRATIS yang diterapkan banyak operator selular (tidak semata-mata GRATIS), antara lain:

1. Sekolah mewajibkan siswa membeli buku di toko buku atau toko buku rekanan
2. Sekolah mewajibkan orang tua siswa membayar biaya study tour ke berbagai daerah meskipun tidak ikut study tour
3. Sekolah mewajibkan siswa membayar santunan perpisahan guru yang pindah mengajar
4. Sekolah mewajibkan siswa membayar biaya perbaikan infrastrukur sekolah
5. Sekolah swasta belum sepenuhnya membebaskan biaya sekolah lantaran minimnya anggaran yang diberikan pemerintah padahal banyak siswa dengan ekonomi keluarga menengah kebawah yang bersekolah di sekolah swasta
6. Sekolah mewajibkan orang tua siswa membayar biaya kenaikan kelas
7. Sekolah mewajibkan orang tua siswa membayar uang gedung
8. Sekolah mewajibkan siswa membayar yang kas sekolah
9. Dan segala pungutan lain yang tentu sangat memberatkan masyarakat Indonesia terutama yang kurang mampu

Untuk itu saya memohon kepada Bpk. Presiden dan Pihak Terkait, untuk bisa mengatasi permasalahan fundamental ini dengan membuat SATU saja aturan tegas yang mengatur segala pungutan APAPUN yang dilakukan sekolah adalah tindakan KRIMINAL dan bisa DIPIDANAKAN. Terima kasih.

Regards,
Irwan Prasetia (WNI)
 
Teguh Pramono Herlam (8 poin)   1 Jan
Dear pak Presiden
Masih banyak Pungli di Sekolahan, salah satunya SDN Sindangkarsa 2 Tapos Depok, setiap hari Jumat para siswa dan siswi diwajibkan mengeluarkan Infak, Tahun ajaran 2016 kemarin dipungut biaya sumbangan uang pembangunan Gedung sebesar 50.000,

2 Tanggapan

0 vote
Wisnu Bw (0 poin)   5 Nov 2016
Dengan hormat,

Saya hanya ingin menghimbau untuk ditinjau (Sidak) ke Sekolah MAN 13 Jakarta yg sering membuat pungutan-pungutan yg selalu mengatasnamakan Komite, yg nilainya cukup memberatkan bagi saya sebagai orang tua siswa yg saat ini kondisi pekerjaan tidak tetap.

Mohon dengan sangat hormat kepada Bapak Presiden, kiranya dapat ditinjau segera ke sekolah MAN 13 Jakarta melalui pejabat terkait .

Demikian ulasan yg dapat saya ajukan dengan harapan segala pungutan-pungutan segera dapat dihapuskan.

Terima kasih.


Wassalam,
Agung .W
0 vote
Fides Mandes (2 poin)   22 Des 2016
Pak Irwan yang saya hormati ......... jangankan bapak yang melapor ke Presiden RI, saya dan teman-teman sudah pernah melaporkan tindakan  Kepala Sekolah ke berbagai instansi di Palembang .... tapi hasilnya SANGAT TIDAK MEMUASKAN ..... padahal jarkanya sangat dekat .... apalagi meminta kepada Presiden yang tugasnya SANGAT BANYAK ........ kapan akan terealisasi ... PERCUMAAAAAAAA .... MEMBUANG-BUANG ENERGI SAJA
Selamat Datang di Lapor Presiden, di mana Anda sebagai rakyat dari seluruh Indonesia dapat mengajukan laporan seputar masalah dari berbagai aspek untuk diajukan ke Presiden dan menerima tanggapan dari anggota masyarakat lainnya.
...