Didik Yudhie Ismanto (10 poin)   13 Jul 2015   Kementerian   219 dilihat
dilabeli kembali 15 Jul 2015 oleh Octaviani Devi
Peraturan Kapolri tentang perpanjangan surat kendaraan bermotor yang sudah berlaku sekian tahun awalnya saya anggap baik karena untuk mengurangi calo. Akan tetapi setelah penerapan sekian lama saya menilai tidak demikian adanya. Justru peraturan tersebut banyak digunakan oleh banyak oknum untuk mengambil keuntungan pribadi.
Ada beberapa  catatan buruk untuk implementasinya ;
1. Peraturan ini dijadikan acuan oleh biro jasa yang sudah berkolaborasi dengan oknum"ORANG DALAM" dalam menentukan besaran biaya apabila dokumen kurang lengkap.
2. Pemilik kendaraan yang pada saat habis masa berlakunya surat kendaraan berada di luar tempat tinggalnya. Apabila ia akan membayar pajaknya maka ia harus datang sendiri alias tidak bisa diwakilkan. Terutama apabila pemilik beserta keluarga sementara pindah tempat tinggal sementara ke tempat baru.
3. Ada kesan kemajuan teknologi tidak memberikan manfaat sama sekali dalam hal pengurusan pajak kendaraan.
4. Ada kesan "kalau bisa dipersulit mengapa harus dipermudah".
5. Ada kesan "MAHAL". Hal ini saya kaitkan dengan kendaraan yang sudah tidak ada harga jualnya lagi karena sudah tua.

Melalui laporan ini saya mohon presiden dapat menertibkan kembali aturan ini. Sekian dan terima kasih.
 

1 Tanggapan

+3 vote
Adon Fadhil Zahir (6 poin)   28 Okt 2016
Pak Jokowi bagaimana jika peraturan untuk pajak kendaraan bermotor direvisi agar masyarakat bisa lebih mudah untuk membayar pajak kendaraan bermotornya tepat waktu. karena yang saya lihat dilapangan sekarang ini kebanyakan masyarakat enggan membayar pajak nya karena aturan yang harus membawa KTP asli dari nama yang tercantum dalam STNK tersebut. Hal ini sulit untuk dilakukan jika kendaraan sudah berpindah tangan karena proses jual beli. dan sekarang ini proses jual beli kendaraan semakin banyak terjadi. sehingga kalau mau membayar pajak dengan membawa KTP asli pemilik dalam STNK akan kesulitan sedangkan kita niatannya baik mau membayar pajak. kalau aturan ini bisa di rubah/dipermudah mungkin banyak masyarakat yang akan membayar pajak tepat waktu.  sementara hanya ini yang bisa saya sampaikan dan terima kasih.
Saifuddin Zuhri Al M (0 poin)   30 Okt 2016
Saya sangat setuju, kalau bisa aplikasi android itu lbih baik
Hendri Nasrul (6 poin)   4 Jan 2017
Bener.Bayangkan pekerja swasta yg liburnya tidak teratur.sedangkan libur waktunya kita untuk istirahat atau bersama keluarga. Kalau pun cuti sama. Apalagi sekarang biaya pengurusannya dinaikkan secara signifikan tinggi.bagaiamana kita mau menaati peraturan pajak kalau bayarnya tinggii.
Selamat Datang di Lapor Presiden, di mana Anda sebagai rakyat dari seluruh Indonesia dapat mengajukan laporan seputar masalah dari berbagai aspek untuk diajukan ke Presiden dan menerima tanggapan dari anggota masyarakat lainnya.
...